Wednesday 23 December 2015

#DAY23: Resep Asam Tempoyak Ikan Ala Oz



Wednesday, December 23, 2015
9:05 PM

Di desa saya sedang musim durian, siapa yang tak suka durian? Rasanya yang manis, dagingnya yang lembut, sangat menggugah selera, terutama saya. Namun sayangnya buah durian kali ini tidak berbuah dengan baik. Akibat musim kemarau yang teramat panjang buah durian yang matang tak semanis musim durian sebelumnya, bahkan banyak yang hambar.

Maka dari itu banyak yang menggunakan kesempatan itu untuk membuat asam durian. Asam durian ini dibuat dengan cara menyimpan durian yang matang dan kemudian bisa dimasak sebagai bumbu masakan. Kebetulan 2 minggu yang lalu saya diberikan asam durian oleh salah satu wali murid di sekolah. Maka dari itu, ketika saya membeli ikan sungai, ikan yang kecil-kecil saya berinisiatif untuk membuat asam tempoyak ikan. Resepnya sangat mudah, ini adalah resep rahasia dari ibu mertua saya, setelah mencoba 2 kali, akhirnya  pada percobaan yang kedua saya berhasil membuat dengan rasa yang pas, dan suami saya memuji masakan saya hampir mendekati buatan ibunya hihihii jadi senang. Yup tak usah berlama-lama, let's check this out!!!

Bahan:
·         2 sdm Asam durian
·         Ikan sungai (boleh diganti dengan ikan apa saja, sesuai selera: seperti ikan mas, nila, patin, ikan teri juga bisa dll.)
·         1 sdm gula pasir
·         Setengah gelas air

Bumbu:
·         20 buah cabe rawit
·         10 buah cabe merah
·         1 ruas kunyit
·         1 sdt garam kasar

Cara membuat:
·         Haluskan bumbu sampai halus, sisihkan
·         Ambil satu wadah, masukkan 2 sdm asam durian campur dengan bumbu halus, aduk rata.
·         Setelah tercampur rata, masukkan setengah gelas air atau sesuai selera. Beri air sampai asam durian dan bumbu agak cair dan tidak terlalu kental
·         Setelah itu masukkan 1 sdm gula, cicipi, jika sudah pas asin dan manisnya masukkan ikan
·         Masak sampai ikannya matang dan siap untuk disajikan.


Nah, mudah kan? Selamat mencoba…...

No comments:

Post a Comment

Tak harus merasa sungkan jika ingin berbicara ^.^